Tags

,

Untitled-1

Judul : RECTOVERSO
Penulis : Dewi ‘DEE’ Lestari
Tahun : 2008
Editor : Hermawan Aksan, Daniel Ziv
Penerbit : goodiaith (cetakan pertama)
Jumlah Halaman : 148 halaman
Jenis Cover : Hard Cover
Kategori : Kumpulan Cerpen

Saya adalah salah satu penggemar Dee, dan merupakan pembaca setia karya-karya dari Dee. Selain seri Supernova Rectoverso ini merupan antologi favorit saya. Berisi 11 kumpulan cerpen tentang cinta. Bukan hanya cinta antara dua insan, tetapi Cinta yang universal.

Rectoverso merupakan karya hibrida Dewi Lestari. Jika menurut istilah Biologi hibrida adalah turunan yg dihasilkan dari perkawinan antara dua jenis yg berlainan (tentang hewan atau tumbuhan), maka karya ini merupakan perkawinan silang antara buku dan musiknya.11 karya cerpen, dan 11 lagu yang tercipta pada satu kesempatan.Mengapa 11 Karya dan 11 ragu? 11 merupakan angka favorit Dee. 11:11 dikenal sebagai angka yang mewakili kehadiran alam spiritual yang bersanding dengan alam material.

Keduanya karya ini dapat dinikmati secara bersamaan taupun terpisah. Untuk itulah Dee memberi judul “Rectoverso” yang memiliki arti dua citra yang seolah terpisah tapi sesungguhnya satu kesatuan, saling melengkapi.

Buku ini cantik! tak hanya kata-katanya yang mampu membuat hati bergetar atau bahkan menitikkan air mata, tetapi juga tampilannya. Rectoverso dihadirkan dengan full color lengkap dengan foto yang merupakan bagian dari ilustrasi setiap cerita. Saya sangat betah memandangi buku ini, hanya sekedar untuk melihat foto-foto yang ada di dalamnya. Desain grafisnya…so pretty!

Bagi saya buku ini bukan hanya sekumpulan kata, tetapi kombinasi antara sastra, nada, desain grafis, fotografi, dan perjalanan jiwa. It’s AMAZING!

Yang membuat karya Dee ini juga berbeda adalah, dari 11 cerita pendek yang ada dua diantaranya menggunakan bahasa Inggris. Berikut cuplikan kata-kata yang ada di masing-masing cerita dalam Rectoverso :

1. Curhat Buat Sahabat
Bercerita tentang curhat sesorang kepada sahabatnya. Sahabatnya bersedia mendengarkan keluh kesahnya setiap saat, meskipun hujan menghadang, dia tetap datang untuk menemaninya. Inilah cinta seorang sahabat. Dia tidak bosan mendengarkan curhatannya. “Ya, sebotol mahal anggur putih ada di depan matamu, tapi kau tak pernah tahu. Kamu terus menanti. Segelas air putih”
2.Malaikat Juga Tahu
Disebuah tempat kost-kostan, ibu kost-nya (dipanggil bunda) mempunya 2 orang anak si Abang dan si Adik. Si Abang memiliki keterbelakangan mental, tapi cukup cerdas. Dia yang selama ini membantu ibunya mengurusi kost-kostan. Mencuci, beres-beres, dll. Sementara si Adik, merantau. Si Abang bersahabat dengan seorang perempuan penghuni kost, dan jatuh cinta. Tapi ternyata perempuan ini jatuh hati dengan Adiknya. Bunda telah berbicara dari hati kehati dengan perempuan ini, siapa diantara keduanya yang patut untuk dipilih?

“Kali ini hampir habis dayaku, Membuktikan padamu ada cinta yang nyata. Setia hadir setiap hari. Tak tega biarkan kau sendiri. Meski seringkali kau malah asyik sendiri”

3.Selamat Ulang Tahun
“Satu waktu nanti, saat kamu berhenti percaya manusia bisa punya sayap selain lempeng besi yang didorong mesin jet, saat kamu berhenti percaya hidup lebih bermakna bila ada wasit yang menyalakan aba-aba “1,2,3”, kamu boleh percaya bahwa kemarin…besok…lusa…dan hari-hari sesudah itu..aku masih menunggu. Menunggu kamu mengucapkan apa yang harusnya kamu ucapkan… berjam-jam yang lalu”

4. Aku Ada
Kisah ini tentang seseorang yang setia menantikan kekasihnya yang telah pergi, meski dia telah memiliki penggantinya. Ritual penantian ini selalu dilakukan setiap hari di tepi pantai menjelang sunset.Tanpa disadari, seseorang yang dinantinya itu selalu mengawasinya, tetapi dalam wujud yang berbeda.
“Akulah lautan yang memeluk pantaimu erat, akulah langit beragam warna yang mengasihimu lewat beragam cara.”

5. Hanya Isyarat
“Aku hanya mampu mencintai seseorang hanya sebatas punggungnya saja. Tidak bisa memiliki dirinya secara utuh. Hanya bisa menyampaikan perasaan lewat alam”

6. Peluk
Ketika 6 tahun kebersamaan, tidak mampu membuat pasangan bisa bertahan. Ketika sebuah PELUK, menjadi salam perpisahan terakhir.

7. Grow A Day Older
Cerita ini menggunakan bahasa Inggris. Berkisah tentang seorang wanita yang ebrniat meninggalkan suaminya. Tetapi, ada kejadian di ulang tahun selingkuhannya yang membuat wanita ini bimbang.
“If everything has been written down, so why worry, we say. It’s you and me with little left os sanity.”

8. Cicak Di Dinding
Fiksi ini paling saya suka, karena judulnya yang paling unik di antara fiksi-fiksi lainnya, dan cara Dee memberikan romantis sangat unik. Melalui lukisan glow in the dark yang diwujudkan sebagai cicak.
“Kutitipkan mereka untuk menjaga kamu…mengangumi kamu.”

9. Firasat
Selain tersirat di dalam mimpi, firasat juga bisa kita rasakan dari pertanda alam atau bahasa tubuh. Inilah pesan yang ingin disampaikan Dee melalui kisah ini. Firasat, rasa yang sering manusia abaikan karena terlalu fokus pada logika.

10. Tidur
Berkisah tentang seorang istri meninggalkan suami dan kedua anaknya selama dua tahun untuk mengejar karir di negeri orang. Ketika dia memutuskan untuk kembali ke pelukan keluarganya, sebagai surprise dia melihat suami dan anaknya tertidur lelap.
“Sudah cukup lama aku tertidur, memejamkan mata demi melewatkan mimpi demi mimpi bersama kalian. Sekarang, biarkan aku yang terjaga…”

11. Back To Heaven Light
Ini adalah cerita kedua yang ditulis Dee menggunakan Bahasa Inggris. Menceritakan bagaimana pilunya hati seorang istri yang ditinggal pergi suaminya. Ketika detik-detik menjelang kematiannya, dia seperti merasakan dejavu.
“Back to my heart, back to heaven light. Back to my heart, and we are never apart.”

Firasat, dan Aku Ada adalah cerita yang saya baca dua kali agar lebih memahami jalan ceritanya. Karena membaca dua cerita ini tidak bisa dilakukan sambil lalu, tetapi harus dalam kondisi fokus.

Over all, saya sangat tersentuh dengan lirik lagunya yang berbentuk narasi, alunan musik yang mendamaikan hati, cerita yang menginspirasi, dan judul yang bermakna. Pada akhirnya seperti yang Dee katakan dalam bukunya, Dengarkan kisahnya, Baca Musikanya, Selami ilustrasinya. Bukankah ini indahnya kehidupan?🙂