Tags

,

CYMERA_20130701_164008

Hai hai…finally setelah lama vakum cuap-cuap di blog akhirnya bisa nulis lagi di wordpress tercinta. Sebenernya moment ini udah lewat seminggu sih. But, I think belum masuk tanggal expired deh. Hehehe…

Tepatnya tanggal 4 Juli 2013 finally aku bisa meet up langsung sama penulis keren Mas “Agus Noor”. Kalo kamu masih awam dengan namanya. Beliau dikenal dengan penulis prosa yang telah meraih berbagai macam penghargaan, antara lain Juara I penulisan cerpen pada Pekan Seni Mahasiswa Nasional I (1991); Cerpenis terbaik pada Festival Kesenian Yogyakarta IV (1992); Cerpen Lampor terpilih sebagai cerpen pilihan KOMPAS (1994); Tiga cerpennya Keluarga Bahagia, Dzikir Sebutir Pelurudan Tak Ada Mawar di Jalan Raya mendapat Anugerah Cerpen Indonesia DKJ (1999); Cerpen Pemburu oleh dinyatakan sebagai salah satu karya terbaik yang pernah terbit di majalah Horison selama kurun waktu 1990-2000; Cerpen Piknik mendapat Anugerah Kebudayaan Departemen Seni dan Budaya untuk kategori cerpen (2006); Cerpen ’Kunang-Kunang’ terpilih sebagai cerpen terbaik pilihan Kompas (2011). Atau kamu juga visit blognya di agusnoorfiles.wordpress.com

CYMERA_20130710_175210

Banyak banget kan penghargaan yang beliau dapat? Beliau adalah salah satu penulis favorit saya. Gimana ceritanya aku bisa meet up langsung ama beliau? Semua diawali dari twitter. Udah lama aku follow beliau, someday dini hari aku tiba-tiba terbangun dari tidur dan iseng-iseng aja main sajak bareng sama @pocongrainbow. Kemudian Mas Agus Noor lagi ngetweet, iseng aja aku retweet punya dia. eh, tau-tau di follback. Tepatnya ini tweet beliau (tgl 16 Mei 2013) :

Nggak pernah kebayang sebelumnya bakal di follback ama penulis favorit dan bisa meet up langsung, Alhamdulillah…Puji Tuhan. Tanggal 4 Juli 2013 Mas Agus udah ada acara konser Slank di gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Siang itu tepatnya pukul 11.30 a.m aku sudah janjian meet up di McD Kayutangan, dekat dengan hotel Kartika Graha tempat Mas Agus menginap.

Pertama kali lihat beliau yang ada dalam bayanganku cuma “nih orang tinggi banget n kurus” postur tubuh bule gitu. dengan rambut gondrong n boots. Wajahnya n perangainya lebih muda dari umurnya.🙂 Tujuan pertama siang ini adalah ‘Bakso Bakar Pak Man’. Dari McD Kayutangan kami jalan kaki ke arah Jl. Dr Cipto. Seru, soalnya berasa ada temen yg punya kesenangan sama, jalan kaki sambil menikmati suasana kota Malang. Setelah menikmati Bakso Bakar Pak Man yang sudah melegenda itu aku ajak Mas Agus menikmati secangkir kopi di Java Dancer. Kenapa aku pilih Java Dancer? Soalnya kedai kopi ini adalah salah satu kedai kopi yang cukup lama berdiri di Malang. Dan kebanyakan juga penikmat kedai kopi ini adalah bule-bule yang stay di Malang.

Selama makan siang dan ngopi sore di Java Dancer kami banyak mengobrol tentang dunia penulisan (dengerin Mas Agus jelasin sambil dalam hati kagum-kagum) :p Disinilah aku banyak mendapat ilmu tentang menulis. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Ketika kamu memutuskan untuk menulis, tanyakan terlebih dahulu pada diri “Tujuanmu menulis untuk apa?” Kamu ingin menulis buku laris, menulis karena hobi, dll. Dari memahami tujuanmu menulis barulah kamu bisa membuat tulisan seperti apa.
  2. Menulislah seolah kamu tak memiliki pekerjaan lain selain menulis, Bisa diartikan, kalo km nggak nulis nggak bakal dapet duit. Ini bisa kita pakai sebagai bahan atau motivasi untuk mendisiplinkan diri.
  3. Biasakan membawa notebook atau paling tidak jika menemukan kata-kata atau kalimat menarik bisa kamu tulis di notebook. jaman udah modern juga, kamu bisa pake memo di Hp. (Ini udah aku terapi dari dulu n It’s work)🙂
  4. Untuk penulis pemula, jangan batasi diri kamu dengan tema, tulis saja apa yang mengalir dalam pikiranmu.
  5. Disiplinkan menulis dengan membuat jam khusus untuk menulis setiap harinya. Misal, sehari buat jam disiplin khusus menulis selama 1 jam. Kata Mas Agus sehari nulis dalam waktu 4 jam itu sudah bagus. (Ini adalah bagian tersulit, aku udah ngalamin. Musuhnya cuma satu. Rasa Malas!)
  6. Target diri sendiri untuk menghasilkan tulisan dalam jangka waktu tertentu. Example setiap bulan harus bisa menghasilkan satu cerpen. Nah dalam satu bulan itu kamu harus bisa menghasilkan satu cerpen, seandainya nggak bisa kamu harus bayar ceerpen kamu ini bulan depan.

Emang yah kalo yang ngasih wejangan itu penulis hebat feelnya bener-bener merasuk ke hati. Ngobrol banyak sama Mas Agus bisa bikin imajinasi yang dulunya sama sekali nggak terbesit di otak, jadi perlahan bermunculan. Ada beberapa hal yang mungkin tanpa sengaja jadi kebiasaan yang sama dengan Mas Agus. Kita sama-sama suka jalan kaki, naik becak n ngobrol dengan orang-orang yang kita temui di jalan. Sebenarnya kegiatan ini selain bisa sebagai jalan untuk mencari inspirasi juga bisa sebagai sarana belajar untuk berempati.🙂

CYMERA_20130710_175933

CYMERA_20130710_180116

Last…perjumpaan dengan mas Agus Noor ditutup dengan  nonton Slank di Graha Cakrawala. Really nice n unforgetable day! Udah bisa ketemu salah satu penulis favorit, dapet ilmu, dapet tanda tangan, plus bisa foto bareng lagi. Terima kasih Tuhan untuk hari yang berkah ini🙂